Follow me on Twitter RSS FEED

Pengenalan RPG Maker XP

Dalam RPG Maker XP, terdapat beberapa bagian yang harus dipahami untuk dapat membuat suatu game dengan baik dan benar, bagian-bagian itu adalah :


  1. Map, adalah tempat atau lokasi karakter bergerak dalam game. Seperti hutan, pantai, desa, dll. Sebuah game bisa saja memiliki banyak map yang berbeda-beda yang menunjukkan tempat kejadian di game yang berbeda-beda pula.

  2. Tiles, adalah potongan-potongan kecil gambar yang mewakili suato objek dari suatu tempat. Seperti batang pohon, sungai, batu, dll. Sekilas map terlihat seperti sebuah gambar. Tetapi nyatanya, map terdiri dari potongan-potongan kecil gambar yang disusun sedemikian rupa sehingga berwujud sebuah tempat.

  3. Tileset, adalah sekumpulan Tiles yang berbeda yang mewakili setting tertentu. Ketika membuat sebuah map baru, bisa memilih Tileset yang sesuai dengan map yang ingin buat. Tiap Tileset mewakili satu setting yang berbeda seperti dalam gua, desa, jembatan, tambang, dll.

  4. Autotiles, adalah tiles khusus yang dimiliki oleh beberapa Tileset, dimana Autotiles tersebut memiliki keistimewaan dari Tiles lainnya. Keistimewaannya adalah Autotiles memiliki pola-pola yang berbeda dalam satu Tiles (batas kiri, batas kanan, ujung kiri atas, ujung kanan bawah, dll) dan kemudian dapat mengatur pola yang digunakan sesuai dengan posisi mereka ditempatkan (pinggiran sungai, pinggiran jalan).

Artikel ini masih dalam perkembangan, maaf.

0 komentar:

Post a Comment